Webinar Lokakarya dan Pengenalan Produk PHP2D BEM FISIPOL Untidar

0
174

tim PHP2D BEM FISIPOL telah melaksanakan kegiatan Workshop Lokakarya dan Pengenalan Produk PHP2D Kerupuk Kulit Ikan yang terlaksana di Kelurahan Magelangan. Webinar Lokakarya dan Pengenalan produk ini mengangkat tema “Pengembangan UMKM Guna Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Melalui Pemanfaatan Potensi Lokal” dengan maksud meningkatkan produktivitas masyarakat di masa pandemi covid 19 dengan memanfaatkan potensi lokal dalam mengembangkan UMKM.

Kegiatan Webinar dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan disiarkan langsung melalui channel youtube BEM FISIPOL Untidar. Sebelum memulai kegiatan, pada pukul 12.30 – 13.00 para peserta melakukan registrasi dengan memasuki room zoom. Kegiatan webinar lokakarya dan pengenalan produk ini dimulai pada pukul 13.00 WIB diawali dengan pembacaan tata tertib kegiatan yang dibacakan oleh pembawa acara kemudian dilanjut dengan pembukaan acara. Setelah acara dibuka kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selain itu, kegiatan webinar lokakarya dan pengelana produk PHP2D ini turut serta dibuka oleh Rektor Universitas Tidar Prof. Ir. Mukh Arifin, M. Sc dan Prof. Dr. Sri Suwitri, M. Sc selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Tidar.

Pada sambutannya, Prof. Dr. Sri Suwitri, M. Sc menyebutkan “Besar harapannya bahwa pemikiran mahasiswa-mahasiswa Fisipol dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama UMKM di saat ini”.

Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M. Sc juga berpesan, “Selain besar harapannya bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi semuanya, mudah-mudahan kegiatan yang terlaksana dapat menjadi modal bagi mahasiswa Untidar untuk masa yang akan datang”

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengenalan produk PHP2D di kelurahan Magelang. Pengenalan produk dimulai dengan penayangan video dokumentasi mulai dari awal kegiatan pemberdayaan hingga terciptanya produk kerupuk kulit ikan yang telah dikemas dengan menarik dan siap dipasarkan. Setelah itu masuk pada kegiatan inti yakni sesi diskusi dan tanya jawab pemateri yang dipandu oleh ibu Nike Mutiara Fauziah, S. AP. M. A selaku dosen pembimbing PHP2D dan dosen di Universitas Tidar. Materi pertama, tentang peran mahasiswa dalam meningkatkan produktivitas masyarakat dan peran Perguruan Tinggi dalam menindaklanjuti pemberdayaan yang dilakukan oleh mahasiswa disampaikan oleh Dra. Lucia Rita Indrawati, M. Si selaku Kepala Upt Pengembangan kewirausahaan dan Pembangunan Pedesaan (PKPP) Universitas Tidar. Materi kedua, tentang pengembangan UMKM berbasis kearifan lokal disampaikan oleh bapak Sunaryanto, S. E selaku Kepala Sie Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Kota Magelang. Kegiatan diakhiri dengan pembacaan pemenang dorprize Ovo oleh pembawa acara sejumlah 3 orang penanya yang aktif dalam sesi tanya jawab webinar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY