Monitoring Progres Pendampingan Pelatihan Digital Marketing UMKM Kledung

0
40

Kujungan monitoring UPT PKPP Untidar ke UMKM di Kwadungan Gunung, Kledung, Temanggung hari kamis 8 september 2022 yang merupakan kegitan lanjutan dari pelatihan digital marketing, Tujuan kegitan ini adalah melihat perkembangan proses perkembangan pelatihan digital marketing UMKM di wilayah Kwadungan Gunung, Monitoring Dilaksanakan oleh tim dosen pembangunan pedesaan dan tendik UPT PKPP yang diikuti oleh UMKM di wilayah Kwadungan Gunung.

Penjualan secara digital di wilayah Kwadungan Gunung ini, baru dilaksanakan oleh beberapa UMKM. Sebagian UMKM belum melakukan penjualan secara digital, Masih banyak yang belum memiliki media sosial seperti facebook dan instagram. selama ini penjualan hanya dilakukan melalui whatsapp. Masih ada UMKM yang kesulitan dalam pengurusan ijin usaha karena terkendala dalam pembuatan NPWP. Tim UPT menyarankan untuk mengurus NPWP ke kantor pajak.

Kebanyakan pemilik usaha adalah ibu-ibu yang kurang paham terhadap sosial media. Tim UPT PKPP membantu membuatkan media soasial seperti facebook dan instagram, serta menjelaskan cara mengelolanya seperti upload, share, mencari teman dan membuat story. Tim UPT juga mengajarkan cara promosi melalui media sosial agar produk lebih dikenal banyak orang dan produk terlihat lebih menjual.

Harapannya dengan diadakan kegiatan monitoring ini bisa memberi manfaat Bagi UMKM untuk mengenalkan produknya sehingga produknya lebih dikenal banyak orang. Bisa meningkatkan produktivitas UMKM dan meningkatkan penjualan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY