MONITORING DAN EVALUASI WIRAUSAHA MAHASISWA

0
59

UPT PKPP Untidar melaksanakan kegiatan monitoring wirausaha di tiga tempat usaha.  Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2022, merupakan lanjutan dari kegiatan monitoring UPT PKPP sebelumnya. Monitoring dilakukan di Bulbul Bouquet Kedung Sari, Kerajinan Akrilik Tempuran Salaman, dan Cocoofe Temanggung. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah melihat perkembangan usahanya apakah ada peningkatan usaha, dan apa saja kendala yang dialami.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh staff tim dosen dan tendik UPT PKPP. Kegiatan ini dilakukan dengan mengunjungi masing-masing tempat usaha secara langsung. Setiap usaha menyebutkan bahwa usahanya mengalami peningkatan penjualan. akan tetapi mereka juga mengalami kendala dalam proses produksi maupun penjualannya.

Kunjungan pertama dilakukan di Kedung Sari dengan nama usaha Bulbul Bouquet milik Tri Harni. Tri Harni menyebutkan bahwa pesanan bouquetnya meningkat akan tetapi dia terkendala dalam proses produksi dan pengelolaannya karena teman-temannya di rumah masing-masing.

Kunjungan kedua dilakukan di Kerajinan Akrilik milik Khoirul yang beralamat di Tempuran, Salaman. Khoirul menyebutkan bahwa pesanan kerajinan akriliknya meningkat. Dia juga menyebutkan bahwa dulu usahanya berkelompok sekarang teman-temannya sudah tidak ikut sehingga usaha kerajinan akrilik tersebut hanya dia sendiri yang menjalankan. Kendala yang di alami oleh Khoirul adalah proses Produksinya yang memerlukan waktu yang lama kewalahan dalam ukuran yang besar mesin CNC yang dimuliki masih terlalu kecil.

Kunjungan yang terakhir adalah ke Temanggung usaha Cocoofe milik Affan. Affan menyebutkan bahwa usaha Cocoofenya mengalami peningkatan, omset penjualannya meningkat. Awal mulanya usaha cocoofe ini didirikan sendiri setelah ada peningkatan produksinya dia mengajak teman-temannya untuk bergabung dengan usahnya. Selain mengalami peningkatan Affan juga menyebutkan bahwa proses pengurusan perijinan PIRT belum selesai.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY