Monitoring dan Evaluasi Wirausaha Mahasiswa Untidar

0
80

Rabu, 31 Agustus UPT PKPP Untidar melakukan monitoring dan evaluasi wirausaha mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan oleh staff tim dosen dan tendik UPT PKPP dengan mengunjungi masing-masing tempat usaha secara langsung di Maskofish (Tito Kurniawan), Terserah Corp (Ahmad Sobirin), Lulur Badan Organik Javanutwa (Zahrah Khoirunnisa).Tujuanya untuk melihat perkembangan usaha yang dijalani.

Kunjungan pertama ke Maskofish, usaha budidaya ikan koki. Didirikan oleh Tito kurniawan mahasiswa Akuakultur Untidar pada 25 November 2021. Berawal dari kegiatan Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM) yang diikutinya selama 4 bulan. Saat ini maskofish telah memiliki 10 jenis ikan maskoki yang didistribusikan di berbagai daerah sekitar Magelang, Yogyakarta, Jawa Timur. Rata-rata penjualan 2-3 juta per bulan. Pemasaran melalui media online intagram, facebook, grup whatsapp komunitas. Belum pernah ikut inkubator bisnis Untidar, baru ikut kegiatan UPT PKPP saat PARAMAWIRA. Pernah ikut P2MW dapat dana 3,5 juta.

Kunjungan selanjutnya ke Terserah Corp Merupakan penjualan produk keripik yang didirikan secara kelompok oleh mahasiswa Untidar pada tahun 2021. Awalnya produksi sendiri dan penjualan secara pre order tapi karena terkendala dengan bahan baku, saat ini mereka ambil dari produsen. Pemasaran ke sekitar kampus dan di kopi klotok secang. Rata-rata penjualan per bulan 100.000. Belum pernah ikut inkubator bisnis dan belum pernah mendapat pendanaan dari kampus.

Kunjungan ketiga ke lulur badan organik. Mulai usaha Juli 2022, didirikan secara kelompok oleh mahasiswa Faperta Untidar dengan nama Javanutwa. Nama Javanutwa diambil dari singkatan nama semua anggota. Awalnya dari mata kuliah kewirausahaan 1 baru perencanaan. Setelah akhir semester baru produksi dan penjualan pertama pada Paramawira. Pemasaran selanjutnya melalui online Instagram dan whatsapp.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY