Monitoring dan Evaluasi Wirausaha Mahasiswa Kebumen

0
243

UPT PKPP Untidar melakukan monitoring dan evaluasi wirausaha mahasiswa pada Kamis 4 Agustus. Kegiatan ini dilaksanakan oleh staff tim dosen dan tendik UPT PKPP dengan mengunjungi masing-masing tempat usaha secara langsung di Filkin farm ( Kebumen ), Manja Cheese Tea ( Bumirejo, Kebumen ), Fny Chakeshare ( Alian, Kebumen ), dan Gula Jawa Kebumen ( Puring, Kebumen ). Tujuanya untuk melihat perkembangan usahanya apakah ada peningkatan usaha, dan apa saja kendala yang dialami.

Kunjungan pertama ke Filkin Farm. Usaha ini dimulai sejak 2 tahun lalu, merupakan usaha budidaya itik hias. Saat ini penjualannya hanya di sekitaran kebumen saja. Terdapat beberapa jenis itik yang dibudidayakan, ada jenis itik bondol batik dan jenis itik lainnya. Satu anakan itik dijual dengan kisaran harga 50 ribu.

Kunjungan Kedua ke Manja Cheese Tea, merupakan produk minuman siap saji yang sudah dimulai sejak dua setengah tahun lalu. Tempat jualan masih ngontrak. Rencana ke depan ingin memiliki ruko sendiri dan mencari tempat yang lebih strategis. Selanjutnya ke usaha gula jawa milik Miftakhudin, dijual dalam bentuk batangan dan serbuk yang sering disebut dengan gula semut. Karena kuliah di magelang, Miftahudin memasarkan gulnya di sekitaran magelang. Pengemasan gula semut belum memiliki label hanya menggunakan plastik ziper polos. Saat ini sedang proses penjualan secara expor.

Kunjungan terakhir ke Fny Chakeshare, Produk yang ditawarkan ada kue bolu dan aneka kue kering. Proses produksi hanya dilakukan ketika ada pesanan. Belum pernah ikut BHP2D.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY