Monitoring dan Evaluasi Wirausaha Mahasiswa

0
52

UPT PKPP Untidar melakukan monitoring dan evaluasi wirausaha mahasiswa pada Kamis 25 Agustus. Kegiatan ini dilaksanakan oleh staff tim dosen dan tendik UPT PKPP dengan mengunjungi masing-masing tempat usaha secara langsung di Hanso Corporation (Sambung, Magelang), Sentaku Shoes (Perum. Citra Mandiri, Magelang), Goodstore (Ruko Centra, Magelang). Tujuanya untuk melihat perkembangan usahanya apakah ada peningkatan usaha, dan apa saja kendala yang dialami.

Kunjungan pertama ke Hanso Corporation Milik Tio Mahasiswa Hukum Untidar. Usaha ini dimulai sejak tahun 2017, awalnya bekerjasama dengan teman SMAnya. Nama Hanso diambil dari singkatan nama temannya Farhan Sofian disingkat Hanso. Selama ini Tio yang melanjutkan usahanya Karena teman melanjutkan kuliah di luar Magelang. Omset yang didapat 500 sampai 1 juta per bulan. Mayoritas penjualan melalui media sosial terutama Instagram, selain itu bekerjasama dengan teman yang punya konveksi untuk sablon. Selain kaos juga memproduksi tas dan gelang.

Kunjungan Kedua ke Sentaku Shoes. Berdiri sejak 2018 di Boyolali, tahun 2019 bekerja sama dengan Imam Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untidar buka di Magelang. Omset per bulan 500 sampai 1 juta. Media promosi melalui Instagram dan whatsapp, menawarkan ke dosen dan teman-teman. menerima sitem COD untuk pengambilan sepatu kotor maupun yang sudah bersih. Ada teman buka di Temanggung meminjam nama Sentaku tapi tidak franchise. Tim UPT menyarankan untuk meminta Hak Kekayaan Intelektual, biaya untuk pengurusan HKI sekitar 200 sampi 300 bisa meminta bantuan ke LPPM-PMP Untidar.

Kunjungan terakhir ke Goodstore milik Nidaul mahasiswa FKIP Bahasa Inggris Untidar. Usaha ini dimulai sejak 2017 saat nida masih SMK, awalnya diberi modal oleh orang tua. Saat ini sudah memiliki tiga karyawan. Kebanyakan yang dijual adalah pakaian perempuan. Awal mula tokonya ada di Cacaban kemudian berkembang pidah ke Ruko Centra. Penjualan juga dilakukan secara online. Sebagian pakaian disetok dari supplier dan ada juga yang produksi sendiri.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY