Kemenparekraf Gelar Bimtek Kompetensi SDM Desa Wisata di Magelang

0
212
Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif., mengadakan bimbingan teknis pendampingan desa wisata di Regional 1B (Jawa) di Hotel Atria.Kegiatan ini bertujuan untuk sosialisasi dan pembekalan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Guna mengelola desa wisata dalam hal Adaptasi Kebiasaan baru (AKB) di tengah pandemi Covid-19. dalam kegiatan ini juga menghadirkan Rektor Untidar, Kepala PKPP Untidar dan para pokdarwis dari Kabupaten Magelang.

Kegiatan bimtek tersebut meliputi sadar wisata, sapta pesona, Clean Healt Safety and Environment (CHSE), pelayanan prima, dan potensi produk wisata agar dapat diterapkan dalam pengembangan desa wisata terkait dan bisa lebih maju.

Plt. Kepala Dinas Patiwisata Kepemudaaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, sangat penyambut baik kegiatan ini. ”Menerapkan AKB ini tidak mudah. Maka perlu ada pelatihan dan pendampingan bimbingan teknis ini sangat penting. Sebab AKB ini harus terus dilakukan terutama di sektor pariwisata,” Dia menjelaskan ada banyak adaptasi kebiasaan baik bagi destinasi, tempat, pelaku, dan wisatawan. Menurutnya, semua tempat sebenarnya unik, dan tugas Pokdarwis yang mendapatkan bimtek adalah mencari keunikan dari produk yang akan dijual sehingga bisa membuat para wisat selalu mengingat dan akan kembali lagi untuk berkunjung.

ada pun ”Visinya sangat jelas yaitu terwujudnya Kabupaten Magelang sebagai kabupaten wisata yang berdaya saing dan berwawasan budaya,” kata Iwan.

Tambah dia, bahwa Kabupaten Magelang berada pada lokasi yang sangat strategis. ”Beruntung kita berada dalam kawasan strategis pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur ditambah lagi kita sekarang Destinasi Super Prioritas yang pasti memberikan dampak,” imbuhnya. harapanya kegiatan ini tidak hanya sampai disini saja tapi harus di wujudakan dan berkelanjutan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY