PROGAM IbK UNTIDAR 2016 MEMASUKI TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

0
672
IMG-20160802-WA0005[1]
Brownies Harmoni, salah satu tenant IbK UNTIDAR 2016. (1/8/2016)

MAGELANG- Mempertahankan kelangsungan bisnis bukanlah suatu perkara mudah, diperlukan tekad yang kuat, kerja keras serta inovasi untuk mencapai keberhasilan dalam berbisnis. Peningkatan kualitas produk atau jasa tidak kalah penting dalam menentukan keberlangsungan suatu usaha. Mengingat dewasa ini banyak bermunculan jenis usaha baru yang sangat menjanjikan, keadaan ini akan meciptakan peluang  “duplikasi” usaha oleh sebagian pihak. Faktor yang membedakan antara produk asli dengan tiruan adalah kualitas dan ciri khas produk.

            Program IbK UNTIDAR 2016 saat ini memasuki tahap pengembangan usaha. Bulan Agustus 2016 menjadi bulan monitoring kegiatan kewirausahaan bagi peserta IbK UNTIDAR 2016. Drs. Sri Bondan, M.Si. bersama Tim IbK UNTIDAR 2016 secara bertahap melakukan monitoring ke tempat usaha para tenant, sedikitnya ada 20 tenant dari 22 tenant yang masih melangsungkan usahanya sampai saat ini. Kegiatan monitoring ini akan menilai proses produksi, pengemasan, dan pemasaran produk.

            Monitoring kegiatan kewirausahaan yang dilakukan saat ini bertujuan untuk melihat sejauh mana upaya para tenant menjalani usahanya, melalui kegiatan monitoring ini akan melihat keseriusan para tenant menjalani usahanya sesuai komitmen pada saat penandatanganan Pakta Integritas Peserta IbK UNTIDAR 2016 pertengahan Mei lalu. Sebagian besar usaha sudah berjalan dengan baik, namun tidak sedikit dari para tenant menemui kendala dalam usahanya, diantaranya masih terbatasnya peralatan produksi untuk dapat memproduksi dalam jumlah banyak, serta kurangnya teknik pemasaran yang dapat menarik minat pasar.

            Dengan adanya monitoring kegiatan kewirausahaan diharapkan dapat memotivasi para tenant untuk dapat mempertahankan keberlangsungan usaha dan meningkatkan kualitas usaha. (AY)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY