Benchmarking Rintisan Kerjasama, Pelatihan Dengan Lembaga Pengembangan Tekonologi Pedesaan

0
25

pada tanggal 30 Juli 2019, Bapak Wakil Rektor Bidang Akademik (Dr. Ir Noor Farid, M.Si) Bersama Ibu Kepala UPT PKPP (Dra. Lucia Rita Indrawati, M.Si dengan TIM UPT PKPP berkunjung ke Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan dengan maksud dan tujuan yang pertama bersilaturahmi (mengenal lebih dekat LPTP) yang kedua menyampaikan draft MoU dan MoA antara UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Pembangunan Pedesaan dengan Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan, lebih dari hal itu besar harapan UPT PKPP bisa belajar banyak dari LPTP terkait dengan pembangunan pedesaan, agar desa binaan UPT PKPP bisa seperti desa yang sudah di bantu oleh LPTP di beberapa daerah di indonesia. konsep dasar, strategi dasar, strategi opersional LPTP sangat baik dan bagus.
LPTP berdiri sejak November 1978
bergerak konsen terhadap persoalan energy, pangan, lingkungan hidup.
pendekatan program LPTP berbasis kawasan
mengembangkan produksi,
berbasis pada sumber daya alam lokal
menumbuhkan masyarakat belajar
sekolah petani, sekolah petani konservasi.
strategi dasar membangun proyek masa depan
strategi opersional mengakselerasi pengembangan teknologi terapan
LPTP Juga mempunyai beberapa unit usaha seperti PT Dewats  sanitasi lingkungan IPAL
PT Biosan Mandiri  IPAL Fabrikasi  IPAL Rumah Sakit
PT SUSDEC  Konsultan Pembangunan
CV Technosan  Konsultan
LPTP juga memiliki Koperasi Simpan Pinjam Tekun, Tandon, Tebar, Terasa, Tekad Sejahtera.
lebih lanjutnya penjelasan bisa dipahami melalui materi power poin yang di berikan berikut ini.

Bapak Dr. Ir. Noor Farid, M.Si
yang pertama beliau juga menyampaikan perkenalan dari Untidar ke LPTP Surakarta (Karanganyar)
maksud dan tujuannya mengenal lebih dekat LPTP. Menyampaikan draft kerjasama berupa MoU dan MoA dari UPT PKPP dengan LPTP. Di Untidar beliau juga termasuk pimpinan universitas yang baru bersama Bapak Rektor dan 2 Wakil Rektor yang lainnya, jadi nanti yang akan memperkenalkan Tim UPT supaya bu lucia saja nantinya. takut salah menyebutkan nama dan sebagainya. sebagai informasi di Untidar ada kurang lebih 6000 mahasiswa 5 fakultas dengan 20 prodi, lembaga 1, unit pelaksana teknis ada 4, salah satunya UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Pembangunan Pedesaan.
kegiatan ini sendiri diinisiasi oleh UPT PKPP untuk meningkatkan kualitas mahasiswa yang akan diluluskan nantinya dengan breakdown dari MoU ATAU MoA dengan LPTP.
menambah wawasan kedepan bagi mahasiswa kami.
ibu Dra. Lucia Rita Indrawati, M.Si
berterima kasih yang pertama sudah diberikan kesempatan dan waktu dalam kunjungan bapak wakil rektor bidang akademik beserta saya dan rombongan tim UPT PKPP kepada bapak rohadi dan pengurus LPTP yang hadir.
terima kasih kedua disampaikan kepada bapak farid karena sudah memberikan kesempatan kami untuk menjelaskan niat kami dari magelang datang ke lembaga ini.
seperti yang surat kami sampaikan ke lembaga pengembangan teknologi pedesaan, niatan kami untuk menjalin kerjasama dengan LPTP, yang sebagai konkritnya kami sertakan draft MoU dan MoA antara UPT PKPP dengan LPTP.
ijin memperkenalkan tim UPT yang hadir pada kesempatan ini :
a. saya sendiri lucia rita sebagai kepala UPT
b. dari ujung ada bapak adhi surya sebagai tim di unit kewirausahaan
c. sebelahnya mas taufik sebagai staf administrasi
d. sebelahnya lagi bapak whinarko sebagai tim di unit pedesaan
e. sebelahnya lagi ibu sri sarwanti sebagai tim di unit kewirausahaan
kegiatan ini sempat awalnya di hubungkan oleh Bapak Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yaitu Dr. Bambang Kuncoro, M.Si, karena selain mempunyai rekan di LPTP belaiu pernah Action Research di LPTP TA 1990.
Untid sekarang akronimnya Untidar bapak ibu semuanya. Dan baru di negerikan tahun 2014.
untuk soft file draft MoU dan MoA akan kami berikan melalui mas taufik.
besar harapan kami bisa belajar dengan LPTP yang kalau dilihat selain sudah lama berdiri dan banyak pengalaman, kita bisa nanti menjalin kerjasama dalam menuju masyarakat yang lebih berdaya saing dalam semua lini kehiudpan. dan bisa ditindaklanjuti dengan penandatangan tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY